Senin, 25 April 2016

Cara Sederhana Membuat Tepung Sukun

Cara Sederhana Membuat Tepung Sukun


Sejauh ini buah sukun seringnya cuma direbus dan digoreng. Supaya mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi, buah sukun harus diolah menjadi beragam produk olahan seperti keripik sukun maupun tepung sukun [Baca : Cara Membuat Keripik Sukun yang Simple Tapi Tetap Lezat]. Tepung sukun bisa dipergunakan sebagai bahan untuk beragam kue lezat seperti donat sukun, bolu sukun, dan tart sukun. Selain kemampuannya dipergunakan sebagai bahan makanan, tepung sukun juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi . Pada 100 gram sukun memiliki kadar karbohidrat 35,5 %, protein 0,1 %, lemak 0,2 %, abu 1,21 %, phospor 35,5 %, potassium 0,21 %, besi 0,0026 % dan serat 2 %. Cara membuat tepung sukun untuk skala rumah tangga dapat dilakukan oleh ibu ibu menggunakan peralatan sederhana.

Berikut adalah tata cara membuat tepung sukun secara sederhana :
  • Gunakan buah sukun yang tua namun masih mengkal. Biasanya 7 sampai 10 hari menjelang petik optimal, dengan begitu akan didapatkan kualitas tepung sukun yang bagus dengan rendemen tepung tinggi.
  • Kupas kulit buah sukun dan iris menjadi ukuran kecil.
  • Cuci bersih dan dikukus selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya adalah menghindarkan warna cokelat pada buah sukun yang mempengaruhi kualitas tepung sukun.
  • Potongan sukun kemudian dijemur di bawah terik matahari sampai benar benar kering. Umumnya membutuhkan waktu 3 hari bila matahari sedang terik teriknya.
  • Potongan sukun kering tadi selanjutnya ditumbuk menggunakan alat tumbuk yang bersih.
  • Selanjutnya tepung sukun diayak sehingga menghasilkan tepung yang halus.
  • Jemur tepung sukun sampai kering benar dengan warna putih.
  • Setelah itu tepung sukun dikemas ke dalam kantong plastik atau dimasukkan dalam toples bersih dengan tutup rapat. Tepung sukun dalam kemasan rapat dapat bertahan hingga 9 bulan. Rendemen atau kadar pati tepung sukun berbeda-beda antara 17 sampai 24,4 % menurut tua mudanya buah sukun dan tekhnik atau cara membuat tepung sukun yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar